Selasa, 25 Desember 2012

Teori Kuantum



Teori Kuantum Ikatan Kimia

a. MetodaHeitlerdan London

Teori Bohr gagalmenjelaskanmengapa atom membentukikatan.(merupakan model revolusioner). Teori Lewis Langmuir tentangikatankovalensebenarnyakualitatif, dangagalmemberikanjawabanpadapertanyaan fundamental mengapa atom membentukikatan ,ataumengapamolekullebihstabildaripadadua atom yang membentuknya.

Masalahinidiselesaikandenganmenggunakanmekanikakuantum (mekanikagelombang ). Segerasetelahmekanikakuantumdikenalkan, fisikawanJerman Walter Heitler (1904-1981)danfisikawanJerman/Amerika Fritz london (1900-1954 ) berhasilmenjelaskanpembentukanmolekulhidrogendenganpenyelesaianpersamaangelombang. Sistem yang terdiriatasdua atom hidrogendenganpendekatan.Sistemnyaadalahdua proton danduaelektron.

MetodaHeitlerdanlondonadalah yang pertamaberhasilmenjelaskandengankuantitatifikatankovalen. Metodainimemilikipotensiuntukmenjelaskantidakhanyaikatan yang terbentukdalammolekulhidrogen,tetapiikatankimiasecaraumum.

b. Pendekatanikatanvalensi

MetodaHeitlerdan London ( biladua atom hidrogendalamkeadaandasarpadajaraktakhinggasatusamalain, fungsigelombangsistemnyaadalah 1s1 (1)s (2) (yang berkaitandengankeadaandenganelektron 1berkaitan dengan proton 1 danelektron 2 berhubungandengan proton 2 atau 1s1 (2)1s1 (1) yang berkaitandengankeadaandimanaelektron 2 terikatdiproton 1 danelekton 1berikatan dengan proton 2.
Diposkanoleh k1tiumb.blogspot.com di 00:38
Reaksi:                 
Tidakadakomentar:

PoskanKomentar
BAB 10 TeoriKuantumIkatan Kimia

1.MetodaHeitlerdan London
Sebagaimanadipaparkan di bagian 2.3, teori Bohr, walaupunmerupakan model revolusioner, namungagalmenjelasknamengapa atom membentukikatan.Teori Lewis-Langmuir tentangikatankovalensebenarnyakualitatif, dangagalmemberikanjawabanpadapertanyaan fundamental mengapa atom membentukikatan, ataumengapamolekullebihstabildaripadadua atom yang membentuknya.

Masalahinidiselesaikandenganmenggunakanmekanikakuantum (mekanikagelombang).Segerasetelahmekanikakuantumdikenalkan, fisikawanJerman Walter Heitler (1904-1981) danfisikawanJerman/Amerika Fritz London (1900-1954) berhasilmenjelaskanpembentukanmolekulhidrogendenganpenyelesaianpersamaangelombangsistem yang terdiriatasdua atom hidrogendenganpendekatan.Sistemnyaadalahdua proton dandua electron.

2.Pendekatanikatanvalensi
MarilahkitaperhatikanmetodaHeitlerdan London dengan detail.Biladua atom hidrogendalamkeadaandasarpadajaraktakhinggasatusama lain. Biladua proton mendekat, menjadisukaruntukmembedakandua proton.Dalamkasusini, sistemnyadapatdidekatidenganmudahkombinasi linear duafungsigelombang.Jadi,

Ψ+ = N+1s1(1)1s2(2) +1s1(2)1s2(1) (3.1)

Ψ-= N-1s1(1)1s2(2) – 1s1(2)1s2(1) (3.2)

dengan N+ dan N- adalahkonstanta yang menormalisasifungsigelombangnya. Denganmenyelesaikanpersamaanini, akandiperolehnilaieigen E+ dan E- yang berkaitandengangambar.

Metoda yang dipaparkan di atasdisebutdenganmetodaikatanvalensi (valence-bond/VB).Premismetoda VB adalahmolekuldapatdiungkapkandenganfungsi-fungsigelombang atom yang menyusunmolekul.Biladuaelektrondigunakanbersamaolehduainti atom, dan spin keduaelektronnyaantiparalel, ikatan yang stabilakanterbentuk.

Pendekatan orbital molekul
Metoda VB dikembangkanlebihlanjutolehilmuwanAmerikatermasuk John Clarke Slater (1900-1978) dan Linus Carl Pauling (1901-1994).Namun, kinimetoda orbital molekul (molecular orbital, MO) jauhlebihpopuler.Konsepdasarmetoda MO dapatdijelaskandenganmudahdenganmempelajarimolekultersederhana, ion molekul H2+.

Orbital inimelingkupiseluruhmolekul, dandisebutdenganfungsi orbital molekul, atausecarasingkat orbital molekul.Sepertijuga, orbital satuelektronuntuk atom disebutdenganfungsi orbital atom atausecarasingkat orbital atom.Metodauntukmemberikanpendekatan orbital molekuldenganmelakukankombinasi linear orbital atom disebutdengankombinasi linear orbital atom (linear combination of atomic orbital, LCAO).

Soal
1.Siapakah yang berhasilmenjelaskanpembentukanmolekulhidrogendenganpenyelesaianpersamaangelombangsistem yang terdiriatasdua atom hidrogendenganpendekatan?

2.Mengapa J.W. Heitlerdan F. London berhasilmenjelaskanmengapa atom membentukikatan?

3.Metodeapakah yang dipaparkanolehHeitlerdan London?

4.Siapakah yang mengembangkanmetode VB setelahHeitlerdan London?

5.Mengapakinimetoda orbital molekul (molecular orbital, MO) jauhlebih popular?


Jawab
1.FisikawanJerman Walter Heitler (1904-1981) danfisikawanJerman/Amerika Fritz London (1900-1954)

2.Merekamenghitungenergisistemsebagaifungsijarakantar atom danmendapatkanbahwaadalembahdalam yang berkaitandenganenergi minimum yang diamatidalampercobaan (yaknipadajarakikatan) tidakdihasilkan. Merekamengambilpendekatan lain: merekamenganggapsistemdenganelektron yang posisinyadipertukarkan, danmenghitungulangdenganasumsibahwaduasistemharusmenyumbangsamapadapembentukanikatan.

3.Metodaikatanvalensi (valence-bond/VB).

4.IlmuwanAmerikatermasuk John Clarke Slater (1900-1978) dan Linus Carl Pauling (1901-1994).

5.Karenakonsepdasarmetoda MO dapatdijelaskandenganmudahdenganmempelajarimolekultersederhana, ion molekul H2+

TeguhPermana (09023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar