Selasa, 25 Desember 2012

Bahaya Minuman Energi




Minuman Energy itu berbahaya 

…. Tiga kali sehari, aman!!!, itulah salah satu promo iklan sebuah minuman suplemen energi instan yang cukup terkenal di televisi, seorang ustad yang juga sudah cukup terkenal namanya terlihat menjadi ikon buat produk minuman berenergi tersebut.
BLACK PROFILE MINUMAN BERENERGI INSTAN
Mungkin kita semula menganggap bahwa minuman suplemen energi itu adalah benar-benar minuman penambah ( suplemen ) bagi tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh kita, padahal itu salah besar, minuman suplemen tidaklah menambah tenaga pada tubuh, namun menyebabkan efek stimulan pada jantung agar berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih kuat, sehingga kita merasakan seolah-olah mendapatkan energi dan stamina tambahan untuk beraktivitas.
Di Amerika Serikat dan Negara maju lainnya beberapa minuman energi instan sudah dilarang beredar seperti Red Bull, karena terbukti membahayakan kesehatan.
Apa sih sebenarnya minuman berenergi itu??
Pada dasarnya minuman suplemen energi instan seperti extra joss, kratingdaeng, kuku bima energi rosa, hemaviton jreng dan sebagainya adalah sejenis soft drink ( minuman ringan bersoda ) seperti halnya coca cola, fanta, sprite dan sebagainya.
Hanya saja minuman suplemen energi instan itu diberi tambahan bahan-bahan seperti Taurine, Kafein, Vitamin, dan bahan-bahan lainnya. Namun jangan tergiur dengan kata vitamin, walaupun memang ada vitaminnya tetapi itu hanya sedikit sekali alias Cuma aksesoris semata, jadi jangan tergiur tulisan pada tabel nutrisi ( Nutrition Fact ) di label kemasan, itu Cuma promosi ( Forbess Magazine ).
Yang paling berperan dalam minuman Berenergi Instan itu adalah Kafein dan Taurine, kedua bahan inilah yang selama ini berperan untuk seolah-olah menambah energi pada tubuh peminumnya. Padahal jika dikonsumsi secara rutin maka akan menimbulkan bahaya.
Bahaya Taurine dan Kafein
a. TAURIN
Adalah semacam asam amino dari pecahan molekul sejenis protein yang sebenarnya sudah diproduksi secara mencukupi oleh tubuh lewat makanan sehari-hari yang kita makan.
Bahayanya
Mengkonsumsi Taurin pada awalnya akan meningkatkan konsentrasi berpikir untuk sesaat, namun pada dosis rutin ( 3 kali sehari ) akan menyebabkan kelelahan otak, sakit kepala, dan pada dosis besar dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan bahkan kegilaan ( Forbess Magazine ).
b. KAFEIN
Adalah senyawa kimia sejenis protein yang terdapat pada kopi dan coklat, kafein merupakan stimulan ( perangsang ) detak jantung, dan meningkatkan kerja jantung memompa darah. Menghilangkan kantuk.
Bahayanya
Batas konsumsi kafein aman adalah 200 mg perhari, atau setara dengan satu sendok teh bubuk kopi, atau satu cangkir kopi sehari. Namun jika kita lihat pada minuman suplemen energi instan, maka kita akan menjumpai bahwa kandungan kafein ternyata adalah lima kali dari batas aman konsumsi.
Bahaya yang akan timbul jika berlebihan maka akan menyebabkan kelelahan jantung, gangguan fungsi jantung dan gagal jantung.
MINUMAN ENERGI HERBAL
Namun jika kita tetap membutuhkan tambahan energi maka kita dapat membuat ramuan minuman energi herbal yang alami dan bebas efek samping.
Caranya adalah campurkanlah susu sapi murni hangat dengan jahe, madu, dan gingseng. Insya Allah campuran ini akan benar-benar menambah stamina dan energi kita. Walaupun efeknya tidak langsung terasa tetapi coba gunakan untuk aktivitas fisik seperti olehraga, pasti akan terasa khasiatnya.

DAMPAK MAKANAN / MINUMAN SUPLEMEN BAGI KESEHATAN

Suplemen adalah kombinasi dari dua atau lebih vitamin dan zat berkhasiat sesuai dengan efek terapeutik yang diinginkan. Suplemen bisa berupa gabungan dari berbagai macam vitamin ataupun zat lain ( non vitamin ) seperti asam amino maupun sediaan herbal yang memiliki khasiat terapeutik yang sudah dibuktikan khasiat dan kegunaanya.
Jenis suplemen tunggal bisa terdiri dari kalsium, zinc, vitamin, asam folat, dan lain – lain. Suplemen kombinasi bisa terdiri dari multi vitamin atau obat – obatan.
Mengkonsumsi suplemen sudah menjadi gaya hidup modern tanpa mengenal batas usia. Banyak kesalahan dalam pemahaman khasiatnya. Suplemen tidak diperlukan selama yang bersangkutan menerapkan pola gizi seimbang. Asupan gizi paling bagus itu lewat makanan sehari – hari. Suplemen cuma diperlukan oleh orang berusia lanjut dan orang sakit, kurang gizi, pekerja berat atau yang memiliki kelianan tertentu, seperti kelainan darah atau dalam metabolisme. Pemberian suplemen pun tidak boleh sembarangan. Komsumsi suplemen, meskipun tergolong makanan tambahan, perlu diawasi dokter. Mengkonsumsi suplemen memang harus hati – hati, terutama bagi para remaja yang masih dalam masa pertumbuhan dan sehat. Jangan –jangan asupan zat tambahan yang dianggap menyehatkan malah berdampak sebaliknya. Ini tidak mengada – ada. Talah cukup banyak penelitian akhir – akhir ini yang membuktikan dampak negatif suplemen. Misalnya, anggapan semula yang menyatakan asupan vitamin C berlebih bisa digelontor bersama air seni, kini lagi berlaku. Kelebihan vitamin C bisa mengakibatkan sakit kepala.
Logikanya, semua zat yang masuk ke tubuh ada takarannya. Misalnya, untuk zat besi, jumlah yang bisa diserap tubuh setiap hari hanya 1 mg atau setara dengan 10 – 20 mg zat besi yang terkandung dalam makanan. Dosis vitamin C adalah 60 mg / hari, yang bermanfaat buat kecantikan kulit, bila berlebihan justru bisa mengakibatkan kulit bersisik.
Persepsi keliru masyarakat tentang suplemen membuat kita prihatin. Padahal sesuai dengan namanya, suplemen itu Cuma tambahan. Artinya, tidak semua orang membutuhkan. Sebagai tambahan, suplemen tentunya tidak dapat menggantikan posisi makanan secara utuh, namun lebih bersifat penambah kekurangan zat – zat gizi. Lagipula, manfaat suplemen kebanyakan sangat kecil. Suplemen mungkin ada manfaatnya tapi masih perlu digali lagi dengan penelitian serius. Sayangnya, berbeda dengan obat, suplemen tidak diwajibkan melalui uji klinis untuk membuktikan seberapa besar kebenaran manfaatnya. Padahal kebanyakan efeknya kecil sekali, cuma membonceng efek plesebo. Efek plasebo ini terkait dengan proses penyembuhan tubuh secara alami. Lagipula, selain manfaatnya yang diragukan, mengkonsumsi suplemen apalagi terus – menerus dalam jangka waktu lama juga diduga dapat menimbulkan efek negatif.
Beberapa penelitian terbaru tentang suplemen :
Ø Konsumsi berlebihan suplemen antioksidan seperti vitamin A, E dan betakaroten justru meningkatkan resiko kematian.
Ø Cara terbaik mendapat antioksidan untuk kesehatan kulit adalah lewat asupan vitamin dan minyak dari makanan bukan dari suplemen.
Ø Suplemen vitamin D berlebihan justru berbahaya bagi ginjal dan hati.
Ø Mengkonsumsi suplemen berupa minuman berenergi dapat meningkatkan tekanan darah.
Ø Suplemen herbal dan natural pengganti Viagra yang diklaim lebih aman juga mengandung bahaya, seperti meningkatkan tekanan darah, bahkan mengakibatkan stroke.
Ø Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C akan mengganggu penyerapan tembaga, yang meskipun dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil, namun penting mengatur susunan kimia dan kinerja tubuh.
Ø Terlalu banyak suplemen mengandung fosfor akan menghambat penyerapan kalsium.
Ø Kelebihan vitamin A, D, K dan zat besi yang tidak dapat dibuang tubuh berbalik menjadi racun.
Suplemen telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, berikut ini adalah tipsnya :
Ø Pastikan fungsi suplemen sejalan dengan tujuan fisik yang ingin dicapai, misalnya :
· Suplemen membakar lemak untuk menurunkan berat badan, bukan menjadi bahan pembentukan otot.
· Suplemen minyak ikan omega 3 untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, bukan untuk dipakai sebagai penambah nafsu makan.
Ø Pilih yang dosis kandungannya sesuai dengan kebutuhan anda.
Ø Jadikan suplemen sebagai makanan tambahan untuk pemenuhan gizi, bukan sebagai makanan utama.
Ø Jangan gunakan suplemen sebagai alasan memupuk kebiasaan buruk, contoh: adalah tidak tepat untuk menggunakan :
· Suplemen anti oksidan sebagai alasan untuk merokok lebih banyak atau mempertahankan kebiasaan merokok.
· Suplemen pembakar lemak sebagai alasan untuk makan sembarangan dan malas berolahraga.
· Suplemen penambah berat badan sebagai alasan untuk tidak makan.
Ø Pilihlah merk yang sudah memiliki reputasi yang jelas.
Ø Cek tanggal kadaluarsa, peringatan, informasi gizi dan segel pada kemasan.









2 komentar:

  1. Bener mas,, mendingan minum air putih.

    http://www.maknyusbener.xyz/

    BalasHapus