Selasa, 25 Desember 2012

Bahaya Makanan Berformalin


Bahaya Makanan Berformalin Bagi Kesehatan

Pengertian Formalin
Formalin adalahlarutan yang tidakberwarnadanbaunyasangatmenusuk.Di dalam formalin terkandungsekitar 37% formaldehiddalam air.Biasanyaditambahkanmetanolhingga 15% sebagaipengawet.
Formalin dikenalluassebagaibahanpembunuhhama( desinfektan ) danbanyakdigunakandalamindustri. Sejauhini, pemanfaatannyatidakdilarangnamunsetiappekerja yang terlibatdalampengangkutandanpengolahanbahaniniharusekstrahati-hatimengingatrisiko yang berkaitandenganbahaninicukupbesar.
Formalin biasanyadiperdagangkan di pasarandengannamaberbeda-bedaantara lain: Formol ,Morbicid , Methanal , Formic aldehyde, Methyl oxide, Oxymethylene, Methylene aldehyde, Oxomethane, Formoform, Formalith, Karsan, Methylene glycol, Paraforin, Polyoxymethylene glycols, Superlysoform, Tetraoxymethylene, Trioxane.
Penggunaan formalin
1.       Pembunuhkumansehinggadimanfaatkanuntukpembersih :lantai, kapal, gudang, danpakaian.
2.       Pembasmilalatdanberbagaiserangga lain.
3.       Bahanpadapembuatan sutra buatan, zatpewarna, cerminkaca, danbahanpeledak.
4.       Dalamduniafotografibiasanyadigunakanuntukpengeraslapisan gelatin dankertas.
5.       Bahanpembuatanpupukdalambentuk urea.
6.       Bahanuntukpembuatanprodukparfum.
7.       Bahanpengawetprodukkosmetikadanpengeras kuku.
8.       Pencegahkorosiuntuksumurminyak.
9.       Bahanuntukinsulasibusa.
10.   Bahanperekatuntukprodukkayu lapis (plywood).
11.   Cairanpembalsam( pengawetmayat ).
Dalamkonsentrasi yang sangatkecil( < 1% ) digunakansebagaipengawetuntukberbagaibarangkonsumensepertipembersihrumahtangga, cairanpemcucipiring, pelembut, perawatsepatu, sampomobil, lilindanpembersihkarpet.Formalin digunakanjugasebagaipembunuhkumandanpengawetsediaan di laboratoriumdanpembalsamanmayat.Padaumumnyapengawasandanpengetahuanmasyarakatmengenaibahaya formalin sangatkurang.Karenaitulahbahan formalin untukindustriini di negarasedangberkembangseringdisalahgunakansebagaipengawetmakananpada mi basah, tahu, ikanasin, ikanbasah, ayam, dllsehinggadapatmembahayakandanmerugikankesehatan.
Komposisidandampakpenggunaan formalin

Berbagai data dari MSDS (Material Safety Data Sheet) di bidangindustri yang ada  memberikaninformasimengenaibahaya formalin. Formalin umumnyaterdiridaribahanformaldehid 37% danmetilalkohol 10-15 %, terdapatdalamlarutan-larutandalamberbagaikepekatandanmempunyaibau yang menyengatdanbersifatracun. Jikadikonsumsidalamjangkapanjangmakaformaldehiddapatmerusakhati, ginjal, limpa, pankreas, otakdanmenimbulkankanker, terutamakankerhidungdantenggorokan.Keracunanakut formalin dapatmenimbulkan vertigo danperasaanmualdanmuntah.Keracunanakutmetilalkoholdalammakanandapatmenyebabkankebutaan, kerusakanhatidansarafdanmenimbulkankankerpadaketurunanselanjutnya.Jadikombinasiantaraformaldehiddanmetilalkoholdalam formalin sebenarnyamempunyaiefekkarsinogenikataumenimbulkankankersecaraganda.
Tandamakananmengandung formalin
Makanan yang mengandung formalin umumnyaawetdandapatbertahanlebih lama.Formalin dapatdikenalidaribau yang agakmenyengatdankadang-kadangmenimbulkanpedihpadamata.Bahanmakanan yang mengandung formalin ketikasedangdimasakkadang-kadangmasihmengeluarkanbaukhas formalin yang menusuk.Ikanasin yang mengandung formalin akanlebihputihdanbersihdanlebihtahan lama dibandingkanikanasintanpapengawet yang agakberwarnalebihcoklat. Mibasah yang mengandung formalin akanlebihawetdanketikadimasakmasihakanterciumbau formalin. Tahu  yangmengandung formalin akanlebihkenyaldanberbau formalin sedangkan yang tidakmengandung formalin akanlebihmudahpecahdanberbaukhaskedelai. Ikandanayam yang mengandung formalin akanlebihputihdagingnyadanawet.
Bahaya formalin bagikesehatan
Dalammakanan yang mengandung formalin, tubuhmemangtidaklangsungbereaksi.Namun, janganpernahmenganggap
remehsenyawa yang satuini.Formalin mengandungunsuraldehida yang mudahbereaksidengan protein.Tidakhanyaitu, formalin dapat pula menimbulkankerusakanpada organ-organ tubuh lain. Dalamjangkapendek, misalnya, jikahidungmenghirup formalin, efeknyaakanterjadiiritasidan rasa terbakarpada organ penciumansertatenggorokan. Selainitu, formalin dapatmenimbulkangangguanpernapasansertabatuk.

Organ lainnya yang jugasensitifjikaterkena formalin ialahkulit.Kulitakanmengalamiperubahanwarnamenjadimerah, mengeras, mati rasa, dan rasa terbakarapabilaterkena formalin. Begitu pula halnyadenganmata.Jikaterkena formalin, inderapelihatanitubisairitasi, merah, sakit, gatal-gatal, kabur, dankeluar air mata.
Banyakpenelitian yang menyebutbahwadalamjangkapanjang  formalinakanmengakibatkankankersepertikankerhidung, ronggahidung, mulut, tenggorokan, paru-paru, danotak. Selainitu, penggunaan formalin yang terlaluseringakanmengganggusistemkerjahati, kerusakansaraf, ginjal, paru-paru, dan organ reproduksi. (MI/ICH)
Pencegahanpenggunaan formalin dalammakanan

Pemakaian formalin yang beracunsebagaipengawetdalammakananakansangatmerugikankesehatan. KarenaitubadanPengawasanObatdanMakananharusmelakukanpengawasan yang ketatterhadapproduksidanpenjualanmakanan yang menggunakanbahanpengawet.Caranyaadalahpemberiantandaatau label tidakmengandungbahanpengawetberbahaya. Penjualanbahanberacunseperti formalin perlupengawasanketatdandenganjelasdiberi label beracundandisertai data MSDS (Material Safety Data Sheet).Dan jugaperludiberikanpenerangankepadamasyarakatdanprodusenmakananmengenaibahayapenggunaanpengawet yang beracunseperti formalin danbahan-lainnyamelaluipenyuluhan di berbagai media.
Kesimpulan
Formalin merupakanzatkimia yang digunakanuntukpembunuhkuman, pembersihlantaidanuntukmengawetkanmayat.Namunpadamasasekarang formalin tidakhanyadigunakanuntukhaltersebut, terkadangmanusiamenggunakan formalin tidaksesuaikegunaanya.Banyakmanusia yang tidakbertanggungjawabdengancaramencampurkan formalin padabahanmakanan, agar makanantersebutawetdantahan lama. Sehinggadapatmenyebabkangangguankesehatan, diantaranyakanker.Makadariitu BPOM harusmelakukanpengawasanketatterhadapproduksimakanan, terutamamakanan yang mengandung formalin danberbahanzatkimialainnya.
Sumber
6.        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar